Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Kamis, 23 Oktober 2014

Natural Resources

Natural Resources ( Sumber Daya Alam ) adalah semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia, misalnya: tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, bahan tambang, angin, cahaya matahari, dan mikroba (jasad renik).

Ada beberapa pengertian Sumber Daya Alam menurut para ahli diantaranya, 

Sumber Daya Alam Menurut Suryanegara (1977) mengatakan bahwa secara definisi sumber daya alam adalah unsur - unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi  kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup. 

Katili (1983) mengemukakan bahwa sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.   

Sumber Daya Alam Menurut Ireland 1974 dalam soerianegara, 1977, adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.


Sumber Daya Alam Menurut Isard (1972 dalam Soerianegara, 1977) mendefinisikannya sebagai keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya.

Menurut Nurmala Dewi, pengertian sumber daya alam (Natural Resources) adalah semua kekayaan bumi baik yang bersifat biotic ataupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia. 
1. Faktor abiotik, meliputi tanah, air, udara, cuaca, suhu, dan sejenisnya.
2. Faktor biotik, meliputi tumbuhan dan hewan, termasuk manusia.

Faktor biotik dan abiotik dalam lingkungan dapat memengaruhi dan dipengaruhi oleh manusia. Segala yang ada pada lingkungan dapat berpengaruh terhadap lingkungan hidup manusia. Namun demikian, lingkungan pun dapat dikelola dan dikembangkan oleh manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, yang dimaksud sumber daya alam adalah manusia, hewan, tumbuhan, air, udara, tanah, bahan tambang, sinar matahari, dan lain-lain. Dari beberapa pengertian sumber daya alam yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli diatas dapat disimpulkan bahwa Sumber Daya alam dapat diartikan sebagai semua bahan yang ditemukan manusia di alam yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya baik itu yang bersifat biotik maupun abiotik.

Sumber daya alam (SDA) yang terdapat di bumi ini sangat banyak dan beragam. Penggolongan SDA pada umummnya didasarkan pada terbentuknya yang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam (SDA) yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam (SDA) yang tidak dapat diperbaharui.
  • SDA yang Dapat Diperbarui (Renewable Resources): SDA yang dapat diperbarui (renewable resources) adalah sumber daya alam yang dapat pulih keberadaannya atau dapat dikembalikan persediaannya dalam waktu yang cepat. Contoh SDA yang dapat diperbarui adalah air. Udara, cahaya matahari, tanah (kesuburannya). tanaman pertanian. dan kehutanan.
  • SDA yang Tidak Dapat Diperbarui (Unrenewable Resources): SDA yang tidak dapat diperbarui (Unrenewable Resources) adalah sumber daya alam yang tidak dapat pulih keberadaannya atau tidak dapat dikembalikan persediaannya. Jenis SDA ini pada umumnya benda atau materi yang berasal dari alam yang memerlukan waktu yang sangat lama dalam pemulihannya. Sebagai contoh, batu bara dan minyak bumi merupakan SDA yang setiap hari dieksploitasi dan dipakai oleh manusia. sementara persediaannya tetap. Padahal. Untuk mengembalikan SDA tersebut memerlukan waktu ribuan bahkan jutaan tahun.

1.      Sumber daya alam berdasarkan wujudnya
Sumber daya alam berdasarkan wujudnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:
 a. Sumber daya alam padat Sumber daya alam padat yaitu sumber daya alam yang wujudnya berupa benda padat, misalnya emas, besi, tembaga, nikel (logam), dan batu bara.
 b. Sumber daya alam cair Sumber daya cair yaitu sumber daya alam yang wujudnya berupa benda cair, misalnya air dan minyak bumi.
 c. Sumber saya alam gas Sumber daya gas yaitu sumber daya alam yang wujudnya berupa gas, misalnya geothermal (panas bumi), LPG (Liquefied Petroleum Gas), dan LNG (Liquefied Natural Gas).
 2. Sumber daya alam berdasarkan proses terbentuknya
 Sumber daya alam berdasarkan proses terbentuknya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni
 a. Sumber daya alam fisik (abiotik), yaitu sumber daya alam yang terjadi oleh proses alam atau kekuatan alam. Sumber daya alam fisik atau abiotik ini dibagi sebagai berikut:
1) sumber daya alam mineral logam, misalnya bijih besi, emas, perak, tembaga, kuningan, dan nikel;
 2) sumber daya alam mineral nonlogam, misalnya aspal, belerang, marmer, dan pasir kuarsa;
3) sumber daya alam energi, misalnya gas alam, minyak bumi, batu bara, dan panas bumi (geothermal).
b. Sumber daya alam biotik, yaitu sumber daya alam yang terjadi dari makhluk hidup, misalnya flora dan fauna dalam bentuk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan peternakan.
c. Sumber daya lingkungan alam, yaitu sumber daya alam yang terjadi karena proses alam dan kehidupan makhluk hidup, misalnya keindahan alam, pantai, dan pegunungan.
3. Berdasarkan Nilai Ekonominya atau Kegunaannya Penggolongan sumber daya alam berdasarkan nilai ekonomi atau kegunaannya meliputi sebagai berikut.
 a. Sumber daya alam ekonomis, yaitu sumber daya alam yang mempunyai nilai ekonomis, sangat berharga, menghasilkan keuntungan dan untuk mendapatkannya memerlukan biaya yang cukup besar, misalnya, emas, perak, timah, minyak bumi, dan batu bara.
b. Sumber daya alam nonekonomis, yaitu sumber daya alam yang didapatkan dengan biaya yang relatif kecil, misalnya air bersih, udara, dan sinar matahari.
 4. Berdasarkan Sifat Keberadaannya atau Pengolahannya Penggolongan Sumber daya alam berdasarkan sifat keberadaannya, meliputi sebagai berikut.
 a. Sumber daya alam yang dapat diperbarui, yaitu sumber daya alam yang apabila sudah digunakan dapat diusahakan kembali seperti semula, baik proses alamiah maupun oleh usaha manusia, misalnya flora, fauna, air, dan tanah.
 b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, yaitu sumber daya alam yang habis setelah digunakan dan tidak dapat terbentuk lagi dalam jangka waktu yang pendek, misalnya mineral dan bahan tambang (minyak bumi, gas alam, timah, nikel, emas, perak, batu bara), serta panas bumi.

 c. Sumber daya alam yang selalu tersedia atau lestari, yaitu sumber daya alam yang jumlahnya melimpah dan digunakan untuk kelangsungan hidup makhluk atau organisme, misalnya udara (untuk bernafas, gerakan udara atau angin untuk pembangkit listrik) dan sinar matahari (sumber energi untuk kehidupan dan untuk pembangkit listrik).


Telaah :

Video ini banyak menceritakan berbagai macam sumber daya alam yang ada di bumi ini. Mulai yang berasal dari:
1. Tanah
2. Air
3. Udara
4. Hewan
5. Tumbuhan

Di dalamnya juga banyak terdapat berbagi macam manfaat dari sumber daya alam tersebut. video ini mengajak kita untuk menjaga dan melestarikan sumber daya alam. juga mengajarkan berbagai macam cara untuk merawat dan melestarikannya.

Refrensi :

http://www.pengertianahli.com/2014/04/pengertian-sumber-daya-alam-sda.html
http://nifahanifa.blogspot.com/2013/04/pengertian-sumber-daya-alam.html
http://www.siswapedia.com/pengertian-sumber-daya-alam-natural-resources

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © all about home work //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //